Breaking News

Dengarkan Keluhan Korban BanjirPj Bupati Bachyuni Berikan Bantuan


Bjnews.id - Muaro Jambi - Penjabat (Pj) Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah meninjau lokasi banjir yang berada di Desa Rondang dan Londerang Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi. 

Kedatangan orang birokrat itu, langsung disambut hangat dan antusias dari warga Desa setempat. Turun dari Speed boat, Bachyuni terlihat langsung berjalan didalam genangan air yang merendam puluhan rumah sambil melihat kondisi rumah warga yang terkena banjir tersebut.

Pantauan dilapangan, puluhan rumah warga Desa Rondang tampak terendam air dari luapan Sungai batanghari tersebut. Tidak hanya rumah, air dengan kedalaman diatas lutut orang dewasa itu, juga tampak merendam akses jalan bagi warga setempat.

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyampaikan, bahwa kedatangan dirinya bersama pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaro Jambi, dan Jajaran Dinas Kesehatan untuk meninjau dan melihat langsung kondisi masyarakat yang terdampak banjir.

Selain itu, kata dia, kedatangan dirinya juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, karena musim hujan yang terus berlangsung maka harus dilakukan mitigasi bencana.

"Kita juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir dan sambil melintasi, mana rumah yang terdampak kita akan singgahi," kata Bachyuni Deliansyah kepada pewarta.

Bachyuni Deliansyah mengatakan, pihaknya juga telah memerintahkan kepada seluruh camat yang berada di wilayah Kabupaten berjuluk Bumi Sailun Salimbai agar menyurati seluruh kepala desa, yang mana wilayahnya rawan banjir agar segera melakukan langkah antisipasi.

"Mereka tidak mau direlokasi, karena ini tanah kelahiran mereka. Artinya ini sudah menjadi kebiasaan dan banjir ini tidak menjadi masalah bagi masyarakat disini," katanya.

"Tapi kita siapkan jalur evakuasi. Kalau memang situasinya tidak memungkinkan, harus kita evakuasi. Disini sudah ada tempat evakuasi di Sekolah dan Madrasah. Namun, jika tidak mencukupi lagi, kita akan turunkan kapal untuk membawa masyarakat ke tempat yang lebih baik lagi," tukasnya.

Bjnews.id ( * )

0 Komentar

© Copyright 2022 - BJ News