Breaking News

Hadiri Kegiatan GSMS, PJ Bupati Bachyuni Berharap Sebagai Ajang Pengembangan Potensi Siswa

BJnews.id - Muaro Jambi - Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah membuka secara langsung kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang digagas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (10/10) pagi.

GSMS ini merupakan kegiatan seni yang diberikan kepada anak sekolah di Kabupaten Muaro Jambi, baik itu dari SD maupun SMP.

Mereka dikenali oleh berbagai seni yang ada di Jambi, baik itu seni tari tradisional, seni rupa, seni musik tradisional serta seni budaya.

Pj Bupati Muaro Jambi dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan gerakan Seniman Masuk Sekolah yang dimotori oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi.

“Ini sangat baik. Saya mengajak kawula muda khususnya untuk terus mengembangkan potensi diri,” kata Bachyuni.

Menurut dia, saat ini kita berpacu dalam derasnya arus globalisasi, maju namun tetap santun dan berkarakter serta menunjukkan jati diri kita sebagai bangsa timur yang bernilai santun, beradab, dan wawasan luas kita bersinergi melestarikan nilai-nilai seri sehingga kita juga terlibat langsung dalam membangun peradaban Provinsi Jambi yang kita cintai ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebagai warna Provinsi Jambi, Khususnya Kabupaten Muaro Jambi, kita patut bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan kemajemukan penduduknya, membuat daerah kita menyimpan potensi budaya multi etnis, yang apabila mampu dikemas dengan baik akan menjadi asset yang tak ternilai harganya, untuk membentuk karakter dan budi pekerti masyarakat yang tangguh, serta dapat menjadi penopang.

“Untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi, teruslah mencari inovasi dan berkreasi di bidang Pendidikan dan kebudayaan. Budaya bukanlah manusia, tapi manusia haruslah berbudaya. Jadi Pendidikan tanpa budaya adalah tiada. Teruslah tanamkan nilai-nilai budaya pada anak didik sedari dini,” katanya lagi.

“Untuk seniman GSMS Muaro Jambi, terima kasih atas partisipasinya dalam menanamkan nilai seni dan budaya pada anak didik kami, terima kasih atas waktunya, tenaga, sserta perjuangannya menuju sekolah kami yang banyak tersebar di Kabupaten Muaro Jambi,” sambungnya.

Katanya, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi berkomitmen untuk memajukan kebudayaan daerah, bekerjasama dengan Dirjen Kebudayaan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Salah satu kesempatan yang diberikan kepada kami dibidang seni adalah melalui program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) ini.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono juga mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah pusat dan dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut dia, melalui Kerjasama dengan pemerintah pusat, Kabupaten Muaro Jambi juga akan terus berusaha mewujudkan tujuan tersebut melalui event-event lainya, seperti dengan mengadakan festival atau pergelaran seni budaya, pekan budaya, pembinaan sanggar dan komunitas seni budaya, dan lain sebagainya.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan ini, ini sangat baik dan harus tingkatkan lagi,” kata Sekda.

Dalam kegiatan tersebut hadir Sekda Kabupaten Muaro Jambi Budhi Hartono, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Firdaus, Kadis LH Evi Sahrul, serta para seniman yang tergabung dalam GSMS.

Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi Firdaus juga mengapresiasi kegiatan yang GSMS dan dirinya mengucapkan terimakasih kepada seniman yang telah mengajarkan anak-anak untuk berekreasi dalam bidang seni.

“Terimakasih banyak. Semoga kedepannya kegiatan ini terus berlanjut,” kata Firdaus.

Pada kegiatan kali ini, banyak kegiatan seni Buda yang ditampilkan, baik itu Senin tari, rupa, videografi dan seni lainnya.

“Semuanya ada 27 kesenian yang digabungkan menjadi satu dan ditampilkan hari ini,” ungkapnya.

BJnews.id ( * )

0 Komentar

© Copyright 2022 - BJ News